RSS

LTA

28 Mei

INTISARI

 KEMENTERIAN KESEHATAN REPUBLIK INDONESIA

POLITEKNIK KESEHATAN TASIKMALAYA

JURUSAN KEBIDANAN

PROGRAM STUDI DIII KEBIDANAN CIREBON

Karya Tulis Ilmiah, Juni 2014

SR

Hubungan Antara Usia Ibu, Paritas dan Umur Kehamilan dengan Asfiksia pada Bayi Baru Lahir di RSUD Arjawinangun Kabupaten Cirebon Tahun 2013

VII BAB+ix Romawi+54 Halaman+7 Tabel+3 Gambar+7 Lampiran

Asfiksia didefinisikan sebagai keadaan dimana bayi tidak dapat bernapas secara spontan dan teratur segera setelah lahir (Sudarti, 2013).Berdasarkan teori, faktor risiko terjadinya asfiksia adalah umur, paritas dan umur kehamilan. Terdapat 585 kasus asfiksia dari 3625 persalinan di RSUD Arjawinangun Tahun 2013. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara usia ibu, paritas dan umur kehamilan dengan kejadian asfiksia pada bayi baru lahir di RSUD Arjawinangun Kabupaten Cirebon Tahun 2013.

Metode penelitian yang digunakan adalah metode analitik dengan desain case control, pengambilan sampel kasus dilaksukan secara total sampling, sedangkan sampel kontrol dengan menggunakan teknik systematic random sampling. Analisis data dilakukan secara univariat dan bivariat menggunakan Chi-Square.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat hubungan yang bermakna secara statistik antara usia dan paritas ibu dengan kejadian asfiksia, namun ada hubungan yang bermakna antara umur kehamilan dengan kejadian asfiksia dimana diperoleh hasil nilai p value sebesar 0,019 yang berarti p value < 0,05 dengan nilai OR 0,64 dalam Confidence Interval (CI) 95% (0,44-0,93).

Dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara umur kehamilan dengan kejadian asfiksia. Akan tetapi, tidak ada hubungan antara usia dan paritas ibu dengan kejadian asfiksia. Untuk itu perlu dilakukan penelitian lebih lanjut. Harapan peneliti bagi tenaga kesehatan khususnya bidan dapat mendeteksi secara dini kejadian asfiksia, merujuk ketempat pelayanan yang lebih memadai sehingga klien mendapatkan penanganan yang lebih cepat, tepat.

Kata Kunci        :(Paritas dan Umur Ibu Bersalin, Umur Kehamilan, Asfiksia)

Daftar Bacaan  : 28 (2008-2013)

 

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Mei 28, 2014 in Uncategorized

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: